UJI COBA PENERAPAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI DINAS DUKCAPIL KLATEN.

UJI COBA PENERAPAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI DINAS DUKCAPIL KLATEN.

Sebagai tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional Penerapan Identitas Kependudukan Digital Via zoom hari Jumat (15/07/2022), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten melakukan uji coba penerapan Identitas Kependudukan Digital bagi seluruh Pegawai Dukcapil Klaten  (ASN dan THL).

Meski belum dilaunching secara resmi, ujicoba internal untuk pegawai dukcapil perlu dilakukan sebagai upaya mengedukasi jajaran internal untuk lebih memahami fitur fitur yang ada di aplikasi identitas kependudukan digital dan bisa untuk mensosialisaikan  ke lingkungan keluarga dan masyarakat terdekat.

Sebagaimana kebijakan dari Ditjen Dukcapil Kemendagri, baha penerapan identitas kependudukan digital akan dilakukan secara bertahap, mulai dari jajaran pegawai di dukcapil kemudian diimplementasikan ke seluruh ASN di Lingkungan Kabupaten/kota, dan setelahnya adalah mahasiswa di kampus kampus setempat.

Syarat suatu daerah bias melakukan penerapan identitas kependudukan digital adalah sudah diterapkannya SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) Terpusat. Sedangkan untuk masyarakat yang bisa menggunakan identitas kependudukan digital syaratnya yaitu sudah melakukan perekaman biometric ktp-el/sudah mempunyai ktp-el, memiliki Smartphone/android, memiliki koneksi data.

Jika identitas digital tersebut resmi diterapkan, maka masyarakat akan sangat mudah melakukan perubahan ktp-el ke ktp-el digital. Bagi masyarakat yang sudah membuat identitas digital maka mereka tidak perlu lagi memegang ktp-el fisik, karena ktp-el digital tersimpan di dalam handphone.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0